Penjelasan lengkap dan kegunaan HTML

Monday, August 20, 20180 komentar

Selamat pagi sahabat, selalu semangat ya dalam menjalani hari. Di pagi hari ini saya akan menjelaskan apa itu HTML dan apa kegunaan HTML, untuk kalian para blogger yang awam maupun yang sudah lama dan belum tau apa itu HTML mari kita belajar bersama, pasti kalian sudah sering mendengar kata HTML bukan, terutama ketika kalian mengedit template atau menambahkan widget ke template. Ya HTML itu sendiri adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan text editor. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam web browser.

Penamaan Dokumen
Dokumen HTML diberi nama sembarang kemudian diberi tambahan ekstensi .htm atau .html

Definisi Elemen
Dokumen HTML disusun elemen-elemen atau komponen dasar pembentuk HTML. Contoh dari elemen dokumen HTML adalah : head, body, table, paragraf, list

Elemen HTML
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag <html>, <head>, dan <body>. Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemen head berisi informasi tentang dokumen tersebut dan elemen body berisi teks yang akan ditampilkan di browser.

Tag digunakan untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag HTML terdiri atas sebuah tanda kurung sudut kiri "<" (tanda  lebih kecil) kemudian dilanjut nama sebuah tag, dan sebuah tanda kurung sudut kanan ">" (tanda lebih besar) contohnya : <head>
Tag umumnya berpasangan, sebagai contoh <H1> dengan </H1>. Secara umum suatu elemen dalam dokumen HTML yang dinyatakan dengan tag nya, dituliskan :
<namatag> - </namatag>


Tag head
Tag head merupakan tag untuk menuliskan keterangan tentang dokumen HTML. Isi teks diantara <head> dengan </head> tidak akan ditampilkan didalam browser, contoh :

<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>

Title
Title merupakan tag yang digunakan untuk menuliskan judul dokumen HTML. Hasil tag ini akan ditampilkan dalam window caption browser.
Contoh :
<title>Belajar HTML</title>

Hasil :






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Forum Bagi Ilmu
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Kucing Bawuk | Bundel Template | bundel
Copyright © 2011. Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Gold Hamer Published by Bundel Template
Proudly powered by VIP Golden Hammer